Sunday, March 5, 2017

Pembahasan Bab 6 Buku Fisika 2B Marthen Kanginan Erlangga (dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar)

Buku Fisika 2B Marthen K Erlangga

Dalam menyelesaikan latihan soal, siswa perlu mengecek apakah hasil pekerjaannya sudah benar atau belum. Untuk itulah diperlukan kunci jawaban agar siswa semakin percaya diri dan mandiri dalam belajar. Dengan melihat kunci jawaban, siswa akan yakin dan pasti apakah dia bisa mengerjakan sendiri atau masih banyak yang salah, sehingga siswa perlu terus berlatih agar semakin menguasai materi.

Berikut pembahsan latihan soal bagian Ayo Uji Pemahaman Anda dari Bab 6. Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Buku Fisika 2B Penerbit Erlangga Karangan Marthen Kanginan. Semoga bermanfaat, terus semangat untuk berlatih. :)

Pembahasan soal tentang torsi pada pintu kotak, momen inersia sistem partikel, gerak melingkar berubah beraturan dengan menhitung nilai torsi.

nomor 1, nomor 2, nomor 3, nomor 4
menghitung percepatan linear pada gerak menggelinding bidang datar pada bola pejal.
nomor 5, nomor 6
Menghitung percepatan tali untuk menarik silinder jika tali di beri beban dan percepatan sistem pada dua benda yang dihubungkan dengan katrol.
nomor 7, nomor 8
Pembahasan nomor 9 untuk soal menentukan energi rotasi bumi jika diketahui massa, jari-jari dan periode. Sedangkan nomor 10 menghitung energi kinetik rotasi pada cincin tipis yang berputar.
Nomor 9, nomor 10

Pembahasan nomor 11 menghitung energi kinetik rotasi jika diketahui massa dan jari-jari, kecepatan. Untuk nomor 12 menentukan ketinggian benda yang menggelinding jika diketahui kecepatan di dasar menggunakan hukum kekekalan energi mekanik benda yang berotasi.
nomor 11, nomor 12
Pembahasan nomor 13 dan 14 tentang hukum kekekalan momentum an perbandingan energi kinetik roatsi, sedangkan nomor 15 menentukan beban yang dipikul oleh dua orang jika sistem dalam keadaan seimbang.
nomor 13, 14 dan 15

Untuk pembahasan nomor 16, 17, dan 18 adalah masalah pada keseimbangan benda tegar. menghitung tegangan tali dan gaya yang bekerja pada engsel sistem yang menahan beban dengan tali yang membentuk sudut.
nomor 16, 17 dan 18
Untuk nomor 19, 21, 22, dan 23 adalah menentukan titik berat dan pusat massa pada sistem yang mempunyai massa berbeda, sistem volume, sistem panjang dan sistem luasan.
nomor 19, 20, 21, 22, dan 23

Selamat Berlatih. Tuhan Memberkati :)

2 comments: