Thursday, March 2, 2017

Latihan Soal dan Pembahasan Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar

Berikut ini adalah beberapa contoh soal dan pembahasan materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar kelas XI IPA semester II. Selamat mengerjakan.
Ada 10 nomor yang meliputi berbagai konsep pada soal uraian. Perhitungan torsi, momen inersia, momentum sudut, energi mekanik meliputi energi kinetik rotasi, energi kinetik translasi, energi potensial pada benda yang menggelinding, aplikasi torsi pada permainan jungkat-jungkit, katrol kasar, tangga yang bersandar, keseimbangan benda tegar pada dua tali yang menahan beban, tangga bersandar pada dinding kasar dan lantai licin
, titik berat  sistem luasan dan sistem panjang (satu dimensi). Soal-soal ini hanya sebagian kecil saja, perlu berlatih untuk soal-soal berbagai tipe untuk menguasai materi.

Berikut pembahasan untuk soal menghitung torsi jika diketahui besar gaya dan panjang lengan torsi, menghitung kecepatan sudut dari hukum kekekalan momentum, menentukan kecepatan benda menggelinding saat tiba di dasar bidang miring dan percepatan benda saat menggelinding.
nomor 1, nomor 2, nomor 3, nomor 4
Berikut ini pembahasan menghitung momentum sudut, energi kinetik total (rotasi dan translasi), dan tegangan tali pada sistem yang berda dalam keseimbangan benda tegar.

nomor 5, nomor 6
Berikut ini pembahasan soal masalah tangga yan bersandar dan menghitung percepatan tali yang diliti katrol yang berputar.
nomor 7, nomor 8
Berikut mengtung massa agar jungkit-jungkit seimbang dan menentukan koordinat titik berat sistem luasan  (dua dimensi) dan sistem panjang (satu dimensi)
nomor 9, nomor 10



*****

No comments:

Post a Comment