Tuesday, October 31, 2017

Refleksi dari Gaya Gravitasi Universal Newton

Melayangdi ruang angkasa
Setelah mempelajari gaya gravitasi unversal Newton berbagai komentar dan refleksi bermunculan. Berikut komentar-komentar mereka. Frv: " Manfaat gravitasi adalah mengetahui gaya tarik antar manusia dan juga bumi, mengetahui kecepatan benda jatuh, yang berbeda berdasarkan massa benda".  Ysm: "Dengan belajar gravitasi, sekarang saya tahu bahwa semua pasangan benda memiliki gaya gravitasi. Fakta ini sangat menarik, karena saya benar benar baru tahu, bahwa gaya gravitasi bumi sangat kuat sehingga dapat menahan kita agar tetap menapak di bumi, dan membuat benda-benda tidak berantakan karena bayangkan saja jika tidak ada
gravitasi, mungkin akan cidera karena benda akan melayang-layang. Selain itu kita bisa berjalan dengan  mudah (mobilitas mudah)"

Dvd: " Dengan mempelajari gaya graitasi saya  bisa mengetahui gaya tarik dengan siapapun dan dengan  manapun"

Sjy: " Tanpa gravitasi, benda di bumi akan melayang-layang, tidak akan ada benda yang diam di tempat, tidak ada gaya gesek, seluruh benda di Tata Surya dapat saling bertebaran dan bertabrakan"

Fb: "Gravitasi bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk di bumi. Tanpa gravitasi makhluk hidup akan sulit untuk melakukan aktivitasnya. Gravitasi dapat memungkinkan makhluk hidup untuk bergerak sesuai dengan kehendaknya. Tanpa gravitasi makhluk hidup akan sulit bergerak dan benda-benda kana melayang tanpa arah."

Shl: "Manfaat gravitasi agar kita tidak melayang, bisa berjalan dipermukaan tanah, agar buah jatuh ke bawah dari pohon. Gravitasi juga mempermudah aktivitas kita di bumi

Nty: "Walaupun tidak terasa adanya gaya gravitasi, ternyata setiap objek memiliki gaya tarik-menarikb walau tidak terasa karena kecil, tanpa gravitasi bumi yang kuat, kehidupan kita, tidak mungkin, dapat bertahan di permukaan bumi"

Srn:" Gaya gravitasi sangat banyak manfaatnya, salah satunya dalam olahraga, tanpa gravitasi olahraga takkan berjalan. Belum lagi pasang surut, tanpa gravitasi dunia kita mungkin akan kacau, gravitasi juga bermanfaat untuk melempar benda, dll. Ya, pokoknya gravitasi adalah unsur yang esensial bagi hidup kita dari alam itu sendiri sampai olahraga membutuhkan gravitasi. Gerakan akan melambat tanpa gravitasi, dll :)

Wnn: " Mengetahui tekanan, berjalan (tetap di bumi), pengetahuan, mengukur planet lain"

Enr: " Agar kita tidak melayang, agar ada siang dan malam"

Dnd: " gravitasi membuat manusia di bumi bisa beraktivitas sehari-hari, membantu dalam berbagai olahraga, bumi bisa mengelilingi matahari, adanya pasang surut air laut"

Gby: " Menjaga agar setiap benda di bumi tetap pada tempatnya, tidak melayang, sebagai dasar ditemukannya rumus percepatan gravitasi, dapat menghtung kecepatan benda jatuh"

Ald: " Sesingguhnya sangat diperlukan karena tanpa gravitasi kita mungkin akan selalu melayang di udara"

Jsn: " Gravitasi adalah sesuatu hal yang sangat penting. Itu ada sebuah gaya yang tidak terlihat yang sangat berpengaruh. Tanpa gravitasi, darah ditubuh kita berfungsi berbeda. tanpa gravitasi banyak hal akan terbang. Bahkan udara akan keluar dari bumi, ke kekosongan tak terbatas luar angkasa. Itu juga membantu manusia membuat banyak rumus berguna."

Adw: " Gaya graitasi bermanfaat untuk mempelajari perkiraan jarak antar planet serta planet dengan satelitnya"

Rnr: " Kita di dunia ini sangatlah kecil, hidup kita telah diatur oleh Yang Di Atas sedemikian rupa untuk mempermudah kita beraktivitas, tinggal kitanya yang memaknai pemberiannya yang amat besar tersebut." Kita tetap harus maju dalam kehidupan ini."

VY:" Dalam pelajaran olahraga, untuk bermain voli dan bulutangkis, agar dapat turun ke lawan sehingga dapat dipukul"

Glb:" Melatih kesabaran dan ketabahan siswa :(, mengukur massa, waktu revolusi, jarak ke matahari, serta jari-jari suatu planet, (untuk ilmuwan), menjadi dasar perhitungan bagi ilmuwan untuk kepentingan manusia."

Wln: " bermanfaat bagi semua kelangsungan hidup, contohnya saat menulis tulisan ini menggunakan ballpoint karena ada gaya gravitasi, jika tidak maka tinta akan melayang-layang,"

Wlr: " Dengan gravitasi saya bisa naik motor ke sekolah , kalau tidak ada gravitasi ban motor saya tidak menapak di tanah'"

Ntr: " Dengan adanya gaya gravitasi setiap benda yang ada di planet bumi dapat tertata dengan rapi. Bayangkan jika bumi tidak memiliki gaya graitasi atau kecil gayanya, maka benda yang ada di sekitar kita akan melayang dan tidak dapat diam di satu tempat saja. Kesimpulannya, hal kecil yang kita anggap tidak penting sebenarnya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari"

Eln: : "Dapat mengetahui besar gaya yang diberikan suatu benda dan pengaruh tarikan suatu benda terhadap benda lainnya"

Ksh: " Gaya fundamental alam semesta yang membentuk planet-planet, gravitasi membuat kita dapat menapak di bumi dan tidak terlempar ke angkasa, membuat benda-benda angkasa tetap pada tempatnya/porosnya."

Enc: "mengetahui gravitasi yang dimiliki planet, pengaruh berat manusia terhadap planet, penyebab pasang surut air laut, mempelajari astronomi"

Jtn : "gravitasi adalah suatu 'force' yang sangat berguna bagi kehidupan kita, tanpa gravitasi semua benda akan melayang dan tidak menyentuh lantai, yang lebih berbahayanya lagi atom-atom di tubuh kita tidak akan saling mengikat , kita pun tidak akan hidup, dan tanpa gravitasi Hidrogen dan Helium tidak akan bersatu membentuk bintang di awal dari "universe", maka tanpa gravitasi alam semesta tidak akan terbentuk"

Ewr:" Gravitasi mempengaruhi seluruh kehidupan, g kuat, jatuh ke bawah, tidak melayang, sedangkan jika tidak ada gravitasi maka seluruh kehidupan akan kacau. Semakin tinggi suatu tempat nilai gravitasi semakin lemah, semakin rendah suatu tempat nilai gravitasi semakin kuat. Nilai gravitasi antar planet dan benda berbeda"

Vln: "Gravitasi membuat kita tetap dapat berada di bumi.Tanpa disadari kita dengan orang lain di sekitar kita juga tarik-menarik walaupun kekuatannya tidak sebesar antara kita dengan bumi. saya dapat mengetahui bahwa perbedaan ketinggian dapat mempengaruhi percepatan gravitasi yang terjadi."

Stn: "Memberikan tarikan di dalam bumi/planet sehingga apa yang ada di bumi berada pada letak yang sesuai/diingunkan, tidak melayang-layang entah ke mana atau melayang hingga tidak terjangkau seperti luar angkasa yang tidak ada gravitasi. Memberikan gaya yang saling tarik-menarik antar benda"

Chs: " Memudahkan kita dalam beraktivitas karena tanpa gravitasi semua benda akan melayang dan sangat menyulitkan kita, apalagi jika kita melayang dan hanya bisa bergerak lambat.

Sumber foto: https://pixabay.com/en/astronauts-floating-fruit-space-625540/

No comments:

Post a Comment