Tuesday, November 14, 2017

Gerak Melingkar (Caroline Saputra/X IPA 1/9)

Di dalam kehidupan kita, ada banyak sekali jenis-jenis gerak. Ada yang berupa gerak lurus (GLB dan GLBB), ada juga yang berupa gerak melengkung atau gerak parabola, dan ada juga gerak yang bentuk gerakan atau lintasannya berbentuk seperti lingkaran. Gerak ini dikenal dengan istilah gerak melingkar. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang gerak melingkar. 

Agar suatu benda dapat bergerak melingkar dibutuhkan gaya yang membelokannya menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya sentripetal.
 Gaya sentripetal antara lain gaya gravitasi, elektrostatik, tegangan tali, gesekan dan lainnya. Istilah sentripetal berasal dari kata bahasa Latin, yaitu centrum ("pusat") dan petere ("menuju arah"), yang berarti menuju arah pusat lingkaran. Penjelesan lebih lengkap tentang gaya sentripetal ini akan dibahas nanti. Besaran-besaran yang berlaku dalam gerak melingkar yaitu, frekuensi putaran, periode putaran, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal.Besaran-besaran fisika gerak melingkar yaitu, perpindahan sudut dan kecepatan sudut. Perpindahan sudut adalah perpindahan pada gerak melingkar. Kecepatan sudut adalah kecepatan pada gerak melingkar karena benda bergerak melalui sudut tertentu. Gerak melingkar dibagi menjadi dua (sama halnya dengan gerak lurus), yaitu Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB). Pertama-tama, saya akan membahas tentang gerak melingkar beraturan terlebih dahulu.

Gerak Melingkar Beraturan (GMB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan melingkar dengan kelajuan dan percepatan sudut yang tetap. Salah satu contoh dari GMB adalah arah gerak jarum jam. Contoh yang lain dari GMB adalah arah perputaran bumi pada porosnya atau biasa disebut juga dengan gerak rotasi bumi, Pada gerak melingkar beraturan, kecepatan sudutnya tetap, yang berarti percepatan sudutnya adalah nol. Di dalam gerak melingkar beraturan, ada beberapa besaran fisika, seperti periode, frekuensi, kecepatan linier, dan kecepatan sudut. Periode adalah waktu yang diperlukan oleh benda tersebut untuk menyelesaikan satu putaran. Lambang dari periode adalah (T). Satuan dari periode adalah sekon atau detik (s). Frekuensi adalah jumlah putaran perdetik dalam gerak melingkar. Lambang dari frekuensi adalah (F). Satuan dari frekuensi adalah Hertz (Hz). Kecepatan linear (v) adalah perbandingan antara panjang lintasan linear yang ditempuh benda dengan selang waktu tempuh yang dinyatakan dengan satuan. Kecepatan sudut adalah perbandingan antara besar perpindahan sudut yang ditempuh dengan selangwaktu.

Selanjutnya, saya akan membahas tentang Gerak Melingkar Berubah Beraturan. Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) adalah gerak suatu benda dengan bentuk lintasan melingkar dan besar percepatan sudut/anguler (a) konstan (tetap). Berikut adalah ciri-ciri dari gerak melingkar berubah beraturan:
a. Dalam waktu yang sama, besar posisi sudut berbeda.
b. Nilai dan arah kecepatan linear berubah.
c. Nilai dan arah kecepatan sudut berubah.
d. Nilai dan arah percepatan sudut berubah.

Contoh penerapan dari gerak melingkar beraturan adalah arah putaran jarum jam,baling-baling pada pesawat terbang dan kipas angin, serta arah berputarnya generator. Dalam gerak ini terdapat percepatan tangensial (yang dalam hal ini sama dengan percepatan linier) yang menyinggung lintasan lingkaran (berhimpit dengan arah kecepatan tangensial). Gaya tangensial adalah gaya yang dipengaruhi oleh gaya sentrifugal (gaya dari titik pusat ke luar) / gaya sentripetal (gaya dari luar ke titik pusat); gaya yang tegak lurus dengan gaya sentrifugal/sentripetal. Seperti yang sudah saya janjikan tadi, sekarang saya akan membahas sedikit tentang gaya sentripetal. Gaya sentripetal memiliki besar sebanding kuadrat kecepatan tangensial benda dan berbanding terbalik dengan jari-jari lintasan dengan arah menuju pusat lintasan berbentuk lingkaran, yang menunjukkan bahwa terdapat suatu percepatan sentripetal. Gaya sentripetal bukanlah gaya yang berdiri sendiri. Gaya ini pada dasarnya merupakan resultan gaya yang bekerja pada benda dengan arah radial. Untuk yang terakhir, saya akan membahas tentang manfaat gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya adalah manusia bisa mengembangkan ilmu pengetahuan seperti terciptanya kipas angin , helikopter, dan lain lain.

Sumber foto ; https://pixabay.com/id/greubel-forsey-tourbillon-1594478/

No comments:

Post a Comment