Tuesday, November 14, 2017

Gerak Melingkar Dalam Kehidupan Sehari-hari (Pricillia Altanny X IPA 1_32)


Gerak melingkar tanpa kita sadari telah diterapkan banyak di kehidupan sehari-hari, contohnya yang paling umum adalah jam. Ya jam, menggunakan prinsip gerak melingkar. Secara garis besar gerak melingkar berarti gerak mengelilingi suatu titik dengan lintasan lingkaran tanpa adanya percepatan alias tetap. Dapat dilihat jam bergerak melingkar dan kecepatannya selalu tetap, tentu jika baterainya ada. Jam dapat bergerak karena adanya mesin. Jarum pada jam yang melakukan gerak melingkar yang selalu melalui sudut 360o selama 60 sekon atau satu menit. Jadi dapat disimpulkan kecepatan jarum jam adalah 360o/menit.

Perlu diketahui bahwa dalam gerak melingkar terlibat sebuah gaya yang merupakan gaya sentripetal.
Gaya inilah yang menyebabkan terjadinya Contoh lain dari gerak melingkar adalah kipas angin gerak melingkar. Sama seperti jarum jam, kipas angin digerakan oleh mesin dengan energi listrik. Kita dapat mengatur kecepatan putaran kipas angin itu. Dari kipas angin dapat kita simpulkan bahwa gerak melingkar yang cukup cepat dan kuat dapat menghasilkan angin yang cukup kuat juga.


Gerak melingkar manfaatnya juga selain digunakan pada kipas angin untuk menyejukan diri. Gerak ini juga dapat diterapkan untuk menghasilkan energi. Tepatnya energi alternatif yaitu kincir, baik kincir angin maupun kincir air. Kincir angin berdasarkan namanya dapat bergerak dari angin sebagai sumbernya, dari pergerakan itu disalurkan lalu menjadi listrik. Mirip seperti kincir air yang bedanya dari sumbernya. Kincir air mendapatkan sumber geraknya dari air. Biasanya kincir air dipasang di sungai atau bendungan. Oleh karena angin dan air yang menggerakan benda ini maka kecepatannya juga bergantung kepada angin atau air. 



Pemanfaatan selanjutnya adalah di rumah kita. Pastinya sebagian besar dari kita memiliki blender tentunya. Seperti yang kita semua tahu blender berfungsi untuk menghaluskan makanan dengan blade atau mata pisaunya. Gerak melingkar diterapkan pada mata pisaunya itu. Gerak melingkar ternyata dengan kecepatan tinggi dan permukaan yang tajam dapat menghancurkan sesuatu menjadi bagian-bagian yang kecil dan halus. Dan seperti jam dan kipas angin, benda ini digerakkan oleh mesin dengan tenaga listrik. 

Tentu kita semua pernah melihat helikopter entah dari film atau secara langsung. Alat transportasi ini juga ternyata menerapkan prinsip gerak melingkar yang letaknya berada pada baling-balingnya. Baling-baling pada helikopter memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu mengangkat helikopter naik di udara. Putaran dari baling-baling menghasilkan aliran udara yang membuat helikopter terangkat. Hal ini berarti berdasarkan dari kesimpulan yang kita dapat dari kipas angin menghasilkan aliran udara, diterapkan pada helikopter untuk dijadikan alat transportasi. Jelas inilah penyebab kita bisa merasakan udara yang sangat kencang saat berada di dekat helikopter. Alat transportasi yang satu ini juga bergerak karena mesin. Masih berhubungan dengan baling-baling, benda ini diterapkan untuk permainan anak-anak. Kita pasti pernah melihat sebuah baling-baling dengan tangkai di tengahnya, cara memainkannya yaitu dengan memutar tangkainya di kedua telapak tangan kita lalu melepasnya dan kita akan melihatnya terbang. Prinsip ini sama seperti prinsip helikopter. Kedua benda ini menggunakan gerak melingkar untuk terbang. Generator merupakan alat yang digunakan untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Alat ini dalam terjadinya energi mekanik menggunakan baling-baling yang ada didalam mesinnya dan seperti yang kita tahu baling-baling bergerak dengan menggunakan gerak melingkar, sama seperti baling-baling pada helicopter.

Sumber foto:
https://pixabay.com/en/clock-grandfather-clock-wood-time-2833000/
https://pixabay.com/en/kipas-angin-regency-tornado-2809112
https://pixabay.com/en/mill-windmill-wing-wood-grind-old-2841970/

No comments:

Post a Comment