Latihan Soal
1. Jelaskan
berbagai alat ukur massa dan kegunaannya secara spesifik.
2. Pada
pengukuran diameter kelereng, didapatkan hasil diameter kelereng untuk jangka
sorong 2,53 cm dan untuk mikrometer skrup adalah 25,33 mm. Analisalah dari hasil
pengukuran yang berbeda tersebut.
3. Sesuatu
yang dapat diukur dalam Fisika dikenal dengan besaran. Jelaskan yang merupakan
contoh besaran pokok , besaran turunan, besaran scalar dan besaran vector.
4. Seorang
siswa melakukan percobaan menghitung kecepatan dengan cara mengukur panjang lintasan
20 meter dengan penggaris, dan mengukur waktu tempuh sebesar 8 sekon dengan
stopwatch. Dari hasil percobaan dapat dihitung kecepatan sebesar 2,5 m/s. Tentukan
besaran, satuan.
5. Hasill
pengukuran panjang bakteri dengan mikroskop menghasilkan 0,0000000578 meter.
Jika dituliskan dengan notasi ilmiah menjadi ....
6. Seorang
siswa mengukur luas ruang kelas berbentuk persegi panjang. Lebar ruang kelas
6,73 meter dan panjang ruang kelas 8,2 meter. Menurut aturan angka penting luas
ruang kelas adalah ....
7. Hasil
dari penjumlahan menurut angka penting dari hasil pengukuran panjang 2 buah
pita dengan nilai 2,53 cm dan 5,8967 cm adalah ....
8. Pengukuran
diameter kelereng menghasilkan nilai 20,57 mm. Dari hasil pengukuran tersebut
yang termasuk angka penting adalah ...
9. Massa
Jenis merupakan massa dibagi volume. Diketahui volume suatu gas adalah 2,5 m3,
jika massanya 475 gram, maka massa jenis gas menurut aturan angka penting
adalah .... gram/m3
10. Benang
dengan panjang 5 meter dipotong sebanyak 2,11 meter. Panjang benang sekarang
menurut aturang angka penting ....
11. Dalam penjumlahan vektor, ada satu metode yang
membutuhkan busur dan penggaris untuk menjumlahkan disebut metode ....
12. Diketahui
2 buah gaya bekerja pada sebuah benda, masing-masing 5 N ke timur dan 6 N
membentuk sudut 37o dari timur ke utara. Hitunglah resultan 2 gaya dengan 3
metode resultran vektor.
13.
Diberikan
dua buah vektor gaya yang sama besar masing-masing 10 N dan 20 N membentuk sudut
apit 60°, hitunglah nilai resultan kedua vektor gaya.
14.
Gaya
sebesar 3 N membentuk sudut 60o terhadap horizontal. Tentukan besar
komponen gaya pada sumbu X dan sumbu Y.
15.
Suppose
a freight train travels a distance of 140 miles in 3 hours. What is the average
speed of the train in miles/hours units?
16.
Jelaskan
perbedaan kecepatan dan kelajuan.
17.
Gambarkan
grafik dari GLB dan GLBB untuk posisi, kecepatan dan percepatan.
18.
Dua
sepeda terpisah pada jarak 100 meter, saling mendekati dengan kecepatan konstan
masing-masing 2 m/s dan 3 m/s. Jika mereka bergerak secara bersama-sama, tentukan
waktu mereka akan bertemu.
19.
Jelaskan
contoh dari GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari.
20.
The
Students walks 4 meters East, 2 meters South, 4 meters West, and finally 2
meters North. The entire motion lasted for 24 seconds. Determine the average
velocity.
21.
Seorang
anak berlari ke timur 60 meter kemudian ke utara sejauh 80 meter. Waktu total
yang diperlukan adalah 20 sekon. Besar kelajuan dari gerak anak tersebut adalah
....
22.
Sebuah
sepeda motor hendak mengejar mobil yang berada di depannya pada jarak 5 km.
Jika kecepatan mobil 80 km/jam, kecepatan sepeda motor agar dapat menyusul
dalam waktu 15 menit adalah .... (anggap sepeda moptor dan mobil bergerak lurus
beraturan)
23.
Tiga
orang siswa mendorong meja dengan gaya masing-masing 15 N ke Timur, 14 N ke
selatan, dan 13 N kearah barat. Hitunlah resultan gaya yang bekerja pada meja.
(bebas memilih/menggunakan salah satu metode penjumlahan vektor)
24.
Kereta
api dapat menempuh jarak 360 km dalam waktu 5 jam. Hitnglah kecepatan rata-rata
kereta api dalam satuan km/jam dan meter/sekon.Hitunglah waktu yang diperlukan menenpuh jarak 200 km.
***
No comments:
Post a Comment