Monday, November 20, 2017

Latihan Soal Tingkat Mudah (Materi : Angka Penting, Besaran dan Pengukuran, Vektor, GLB)

Latihan Soal
1. Jelaskan berbagai alat ukur massa dan kegunaannya secara spesifik.

2.  Pada pengukuran diameter kelereng, didapatkan hasil diameter kelereng untuk jangka sorong 2,53 cm dan untuk mikrometer skrup adalah 25,33 mm. Analisalah dari hasil pengukuran yang berbeda tersebut.

3.  Sesuatu yang dapat diukur dalam Fisika dikenal dengan besaran. Jelaskan yang merupakan contoh besaran pokok , besaran turunan, besaran scalar dan besaran vector.

4. Seorang siswa melakukan percobaan menghitung kecepatan dengan cara mengukur panjang lintasan 20 meter dengan penggaris, dan mengukur waktu tempuh sebesar 8 sekon dengan stopwatch. Dari hasil percobaan dapat dihitung kecepatan sebesar 2,5 m/s. Tentukan besaran, satuan.

5. Hasill pengukuran panjang bakteri dengan mikroskop menghasilkan 0,0000000578 meter. Jika dituliskan dengan notasi ilmiah menjadi ....

6. Seorang siswa mengukur luas ruang kelas berbentuk persegi panjang. Lebar ruang kelas 6,73 meter dan panjang ruang kelas 8,2 meter. Menurut aturan angka penting luas ruang kelas adalah ....

7.  Hasil dari penjumlahan menurut angka penting dari hasil pengukuran panjang 2 buah pita dengan nilai 2,53 cm dan 5,8967 cm adalah ....

8. Pengukuran diameter kelereng menghasilkan nilai 20,57 mm. Dari hasil pengukuran tersebut yang termasuk angka penting adalah ...

9. Massa Jenis merupakan massa dibagi volume. Diketahui volume suatu gas adalah 2,5 m3, jika massanya 475 gram, maka massa jenis gas menurut aturan angka penting adalah .... gram/m3

10. Benang dengan panjang 5 meter dipotong sebanyak 2,11 meter. Panjang benang sekarang menurut aturang angka penting ....

11. Dalam penjumlahan vektor, ada satu metode yang membutuhkan busur dan penggaris untuk menjumlahkan disebut metode ....

12. Diketahui 2 buah gaya bekerja pada sebuah benda, masing-masing 5 N ke timur dan 6 N membentuk sudut 37o dari timur ke utara. Hitunglah resultan 2 gaya dengan 3 metode resultran vektor. 

13.  Diberikan dua buah vektor gaya yang sama besar masing-masing 10 N dan 20 N membentuk sudut apit 60°, hitunglah nilai resultan kedua vektor gaya. 

14.  Gaya sebesar 3 N membentuk sudut 60o terhadap horizontal. Tentukan besar komponen gaya pada sumbu X dan sumbu Y.

15.  Suppose a freight train travels a distance of 140 miles in 3 hours. What is the average speed of the train in miles/hours units?

16.  Jelaskan perbedaan kecepatan dan kelajuan.

17.  Gambarkan grafik dari GLB dan GLBB untuk posisi, kecepatan dan percepatan.

18.  Dua sepeda terpisah pada jarak 100 meter, saling mendekati dengan kecepatan konstan masing-masing 2 m/s dan 3 m/s. Jika mereka bergerak secara bersama-sama, tentukan waktu mereka akan bertemu.

19.  Jelaskan contoh dari GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari.

20.  The Students walks 4 meters East, 2 meters South, 4 meters West, and finally 2 meters North. The entire motion lasted for 24 seconds. Determine the average velocity.

21.  Seorang anak berlari ke timur 60 meter kemudian ke utara sejauh 80 meter. Waktu total yang diperlukan adalah 20 sekon. Besar kelajuan dari gerak anak tersebut adalah ....

22.  Sebuah sepeda motor hendak mengejar mobil yang berada di depannya pada jarak 5 km. Jika kecepatan mobil 80 km/jam, kecepatan sepeda motor agar dapat menyusul dalam waktu 15 menit adalah .... (anggap sepeda moptor dan mobil bergerak lurus beraturan)

23.  Tiga orang siswa mendorong meja dengan gaya masing-masing 15 N ke Timur, 14 N ke selatan, dan 13 N kearah barat. Hitunlah resultan gaya yang bekerja pada meja. (bebas memilih/menggunakan salah satu metode penjumlahan vektor)

24.  Kereta api dapat menempuh jarak 360 km dalam waktu 5 jam. Hitnglah kecepatan rata-rata kereta api dalam satuan km/jam dan meter/sekon.Hitunglah waktu yang diperlukan menenpuh jarak 200 km.


***

No comments:

Post a Comment